Srikaya dan Mangga sebagai Komoditas Unggulan Desa Langsar

   Desa langsar merupakan sebuah desa yang berada di kecamatan saronggi kabupaten Sumenep. Desa isi lebih di dominasi dengan pertanian. Hasil pertanian di desa langsar yang menjadi komoditas unggulan adalah buah srikaya dan buah mangga. Memang di berbagai daerah juga banyak ditemui buah srikaya namun buah srikaya dari desa langsar ini memiliki rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan buah srikaya yang lain. Hal ini dipengaruhi oleh keadaan tanah Desa ini yang mengandung Glukosa yang cukup tinggi. Ujar sekretaris Desa Langsar.

   Keunggulan yang ada pada komoditas Srikaya yang ada di Langsar ini antara lain; bentuknya lebih besar dari jenis srikaya yang berasal daerah lain, tidak bermusim atau artinya srikaya yang ada di Langsar bisa berbuah kapan saja jika air yang mengairi tanaman srikaya selalu tersedia, dan yang terkhora ialah rasa manis yang cenderung tidak tertandingi yang dimiliki srikaya khas Langsar.

   Mangga khas yang ada di Langsar ialah mangga Bukong dan Mangga Gandek. Kedua mangga tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Keunggulan keduanya ada pada rasa dan bentuk buah yang besar. Biasanya pohon mangga di tanam disekitar pekarangan rumah dan beberapa di pinggir atau lahan kebun maupun tegal.

  Komoditas mangga dan srikaya ini  merupakan potensi besar yang dimiliki Langsar. Oleh karenanya perlu adanya tindakan lebih lanjut agar kesejahteraan masyarakat dari segi ekonomi dapat tercapai.

0 komentar:

Posting Komentar