Hadrah Meriahkan Langsar

   Langsar tidak hanya memiliki kegiatan bersholawat bersama yang dianggotai Ibu-Ibu. Namun di sana juga terdapat hadrah yang diprakarsai oleh Bapak-bapak dan para pemudanya. Polanya hampir sama dengan Sholawatan Al-Barokah yang disibukkan dengan arisan, bersholawat dan makan bersama. Yang membedakan adalah alat musik yang digunakan. Jika di sholawatan Ibu-ibu tanpa alat musik, di hadrah ini terdapat beberapa alat musik yang digunakan untuk memperkaya penampilan mereka. Alat musik tersebut terdiri dari gendang, organ, bass, gitar dan lain-lain.

   Hadrah ini biasanya diundang untuk memeriahkan acara pernikahan, khitan, hataman al-Qur'an, tujuh bulan kehamilan dan lain-lain. Selain memeriahkan acara-acara tersebut, diharapkan dengan hadrah ini silaturahim antar warga senantiasa terjaga.

   Kegiatan hadrah ini biasanya dilakukan secara rutin pada malam Minggu di rumah masing-masing anggota secara bergilir. Acara dimulai ba'dha isyak dan berakhir hingga tengah malam. Di tengah-tengah acara akan dilakukan kegiatan arisan sebelum dilanjutkan bersholawat lagi.

   Berdasarkan obrolan singkat dengan beberapa warga yang ada pada saat kami mengikuti kegiatan hadrah tertanggal 22 Juni 2017, bahwasannya mereka sangat menyukai hadrah karena acara akan lebih meriah.

0 komentar:

Posting Komentar