Malam Jumat; Sholawatan Rutin

   Perkumpulan sholawat yang menanamai diri mereka dengan Al-Barokah ini merupakan sebuah perkumpulan yang dianggotai para Ibu-Ibu dari beragam profesi. Al-Barokah dianggotai oleh 40 orang yang tidak hanya berasal dari Langsar, akan tetapi desa lain seperti Kebundadap Barat dan lain sebagainya. Kesibukan yang dilakukan di dalamnya antara lain; bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW bersama, arisan dan makan jamuan bersama-sama. Kebersamaan yang benar-benar menyenangkan.

   Al-Barokah didirikan pada tahun 2001 dan di dalamnya terdapat aturan-aturan yang ditegakkan demi keberlangsungan komunitas ini. Salah satunya, saat ada anggota yang tidak izin terlebih dahulu jika hendak absen dari kegiatan rutin yang dilakukan malam jum'at ini---mereka akan dimintai pertanggung jawaban dengan membayar semacam uang denda. Besaran uang denda tidak ditentukan, hanya seikhlasnya saja.


  Pola arisan yang ada di Al-Barokah ialah dengan diundi. Setelah semua anggota membayar sejumlah uang untuk arisan yang nantinya dikumpulkan, semua anggota kemudian mengambil nomor giliran mendapatkan arisan. Tentu, yang mendapatkan arisan di hari pertama berkumpul ialah yang mendapatkan angka 1 dalam lembaran kertas kecil berwarna putih itu.

   Sholawatan rutin yang dilakukan setiap malam Jumat ini tidak hanya bertujuan untuk arisan. Namun ada banyak faedah yang hendak mereka raih, seperti tetap melestarikan budaya bersholawat, dan menjaga tersambung eratnya tali silaturahim antar anggota maupun antar masyarakat. Ini berdasarkan diskusi singkat kami dengan ketua perkumpulan ini, yakni Ibu Imam, tertanggal 20 Juni 2017.

0 komentar:

Posting Komentar