Program Penunjang Kesejahteraan Masyarakat Langsar

   Seiring dengan perkembangan jumlah penduduk yang ada di Desa Langsar maka harus sejalan dengan terpenuhinya tingkat kesejahteraan masyarakat yang terdiri atas kesejahteraan sosial, pemberdayaan perempuan, dan tenaga kerja. Pada umumnya pelayanan dan penanganan kesejahteraan diterapkan melalui program-program bantuan baik secara langsung maupun dengan kegiatan program-program pemberdayaan masyarakat lainnya yang diberikan oleh pemerintah. Program dari pemerintah yang digunakan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat diantaranya program bantuan rumah tidak layak huni (RTLH), dan progrm beras untuk keluarga miskin (raskin)

   Sedangkan program bantuan dari pemerintah daerah maupun pusat diterapkan dalam bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dan perempuan diantaranya : program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri pedesaan (pnpm-mp) dan program pemberdayaan pembangunan prasarana dan sarana desa. Jumlah penduduk yang berusia produktif di Desa Langsar yaitu jiwa, jumlah tersebut merupakan potensi yang dapat dikembangkan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat. Mayoritas usia produktif tersebut merupakan tenaga terampil. kegiatan pemberdayaan perempuan cenderung aktif dalam perkumpulan keompok-kelompok perempuan diantaranya muslimat NU, kelompok pengajian wanita seperti hadrah ''Al-Barokah'', dan PKK desa.

   Upaya peningkatan kualitas generasi muda Desa Langsar yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, patriotik, demokratis dan mandiri serta memliki kepedulian sosial dan mampu mengaktualisasikan segala potensi, bakat dan minatnya serta terhindar dari bahaya destruktif adalah dengan menumbuhkan budaya di bidang olahraga. Upaya tersebut ditumbuhkan melalui penyiapan sarana dan prasarana olahraga dan kegiatan pemuda yang ada di Desa Langsar seperti Persatuan Bola Voli Krisna. Tim bola voli tersebut seringkali mengikuti perlombaan dan membawa pulang juara. Terdapat tiga lapangan bola voli sebagai sarana yang mendukung kegiatan Bola Voli Krisna. 

0 komentar:

Posting Komentar