Varietas Srikaya Unggul Berasal dari Langsar


            Tanaman srikaya atau masyarakat biasa menyebut sirkaya maupun nona merupakan tanaman buah tropis yang berasal dari Amerika Serikat. Tanaman buah ini telah menyebar ke seluruh penjuru Indonesia tetapi hanya dibudidayakan dalam skala rumah tangga dengan populasi tanaman yang sedikit. Tanaman buah tropis ini merupakan tanaman tahunan dan sebagai tanaman tingkat tinggi memiliki bagian-bagian tanaman yang lengkap. Tanaman srikaya berbentuk perdu dengan batang berkayu dan memiliki percabangan yang cukup banyak dengan daun berwarna hijau muda serta bunga berwarna kuning keputihan yang muncul dari ketiak daun pada ujung cabang ataupun ranting. Buah tanaman ini memiliki sisik halus berwarna hijau dan setiap sisik tersebut merupakan karpel yang pada tiap karpelnya terdapat satu butir biji. Biji srikaya berbentuk oval berwarna coklat kehitaman, halus, dan keras (Radi, 1997).

Menurut beberapa sumber, tanaman ini selain buahnya yang dapat dikonsumsi sebagai buah segar, dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan selai, sirup, dan makanan olahan lain. M anfaat-manfaat lainnya dari tanaman ini adalah sebagai tanaman pelindung di depan rumah, tanaman pagar, buahnya dijadikan pembuatan minuman asam, sirup, sari buah, dan sejak lama juga telah digunakan sebagai obat tradisional. Bijinya yang digiling halus dapat digunakan untuk membunuh kutu kepala, bagian akar digunakan untuk mengobati penyakit kulit, ekstrak daun serta tumbukan biji ya ng halus digunakan untuk memandikan anjing agar tehindar dari kutu atau binatang kecil lain yang merugikan.


Berdasarkan keputusan menteri pertanian nomor: 272/kpts/sr.120/7/2005 tentang pelepasan srikaya langsar sebagai varietas unggul sehingga menimbang bahwa dalam rangka meningkatkan produksi srikaya, varietas unggul mempunyai peranan penting; bahwa srikaya Langsar memiliki keunggulan produksi tinggi, ukuran buah besar, aroma agak harum, daging buah tebal dengan tekstur lunak, tidak lembek dan rasa manis. Selain itu, berdasarkan beberapa  hal tersebut dipandang perlu untuk melepas srikaya Langsar sebagai varietas unggul. Untuk itulah, potensi yang ada di Langsar ini perlu dimanfaatkan dan dikelola dengan baik.





0 komentar:

Posting Komentar